Selasa, 21 April 2015

PENGGUNAAN MULTIMEDIA DALAM KEHIDUPAN SEHARI - HARI



 

Sudah kita ketahui bersama bahwa penggunaan multimedia pada saat ini sangat bermanfaat dan membantu kita dalam mengatasi masalah dan memudahkan proses pembelajaran. Gabungan teks, grafik, audio, video dan animasi menjadikan daya tarik sendiri dalam dunia multimedia.

Sebagai contoh multimedia dalam dunia pendidikan, seorang guru atau pengajar dapat dengan mudah menjelaskan dan siswa pun dapat dengan mudah memahami konsep yang ingin disampaikan oleh guru.
Dalam mengajar misalnya guru boleh menggunakan teks, grafik dan animasi dalam hal ini guru tidak perlu susah payah menerangkan atau menggambar di papan tulis seluruh pelajaran tersebut, cukup dengan menggambil gambar dari layanan internet lalu mempresentasikan kepada siswa atau siswi dikelas.
 
multimedia akan sangat membantu penggunanya, terutama dalam hal belajar. Dalam hal ini secara khusus bagi masyarakat awam. Semakin berkembangnya teknologi, semakin berkembang juga ilmu dan cara berpikir kita sebagai pengguna teknologi itu. Dalam kehidupan sehari-hari, Internet telah memberikan banyak manfaat bagi masyarakat dunia. Pada umumnya semua yang terdapat dalam kehidupan kita terdapat dalam internet.
 
Multimedia mengubah cara orang berbelanja. Daripada lelah menelusuri toko ke toko lain untuk memperoleh barang dengan ukuran dan corak yang anda inginkan dan kemudian anda harus antri di kasir, dengan layanan teleshopping atau home shopping memungkinkan anda berbelanja dari rumah.

multimedia dapat digunakan untuk bermacam-macam bidang pekerjaan, tergantung dari kreatifitas untuk mengembangkannya. Setelah mengetahui defenisi dari multimedia serta elemen-elemen multimedia yang ada, serta aplikasi-aplikasi yang saat ini digunakan pada bidang kehidupan manusia, maka dapat diketahui bahwa tujuan dari penggunaan multimedia adalah sebagai berikut :
1. Multimedia dalam penggunaannya dapat meningkatkan efektivitas dari penyampaian suatu  informasi.
2. Penggunaan multimedia dalam lingkungan dapat mendorong partisipasi, keterlibatan serta eksplorasi pengguna tersebut.
 
Multimedia memiliki banyak kegunaan dalam kehidupan sehari-hari dalam segala bidang, seperti bidang pendidikan, bidang industri, bidang kesehatan dll. Baik untuk pekerjaan, kegiatan di rumah, hiburan atau lain sebagainya. Beberapa contoh kegunaan multimedia:
1. Bidang periklanan yang efektif dan interaktif.
2. Bidang industri, seperti dalam pembuatan prototype cara kerja mesin.
3. Bidang kesehatan, seperti dalam penyuluhan dan himbauan kepada masyarakat.
4. Bidang pendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena dididukung oleh berbagai aspek: suara, video, animasi, teks, dan grafik.
5. Bidang jaringan dan internet yang membantu dalam pembuatan website yang menarik, informatif, dan interaktif, dan lain-lain.

Dengan  adanya IT hampir semua orang dapat merasakan  manfaatnya, kita bisa mendapatkan informasi dengan mudah
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar